Kamis, 09 Mei 2013

Kejadian Gunung Meletus

Gunung berapi atau gunung api secara umum adalah istilah yang dapat didefinisikansebagai suatu sistem saluran fluida panas (batuan dalam wujud cair atau lava) yangmemanjang dari kedalaman sekitar 10 km di bawah permukaan bumi sampai kepermukaan bumi, termasuk endapan hasil akumulasi material yang dikeluarkan padasaat meletus.
Terjadinya Gunung meletus akibat endapan magma di dalam perut bumi yang didorong keluar olehgas yang bertekanan tinggi. Dari letusan-letusan seperti inilah gunung berapi terbentuk.
Letusannya yang membawa abu dan batu menyembur dengan keras sejauh radius 18km atau lebih, sedang lavanya bisa membanjiri daerah sejauh radius 90 km. Letusangunung berapi bisa menimbulkan korban jiwa dan harta benda yang besar sampairibuan kilometer jauhnya dan bahkan bias mempengaruhi putaran iklim di bumi ini.Hasil letusan gunung berapi (sumber:MPBI)
gas vulkanikLava dan aliran pasir serta batu panasLahar Tanah longsor Gempa bumi Abu letusan Awan panas (Piroklastik)

 
Gas vulkanik adalah gas-gas yang dikeluarkan saat terjadi letusan gunung berapi yangdikeluarkan antara lain carbon monoksida (CO), Carbondioksida(Co2), Hidrogen Sulfida(H2S), sulfurdioksida(SO2) dan nitrogen (NO2) yang membahayakan manusia.Lava adalah cairan magma yang bersuhu tinggi yang mengalir ke permukaan melaluikawah gunung berapi. Lava encer mampu mengalir jauh dari sumbernya mengikutisungai atau lembah yang ada sedangkan lava kental mengalir tidak jauh darisumbernya.
Lahar adalah merupakan salah satu bahaya bagi masyarakat yang tingla di lereng gunung berapi.Lahar adalah banjir Bandang di lereng gunung yang terdiri dari campuran bahan vulkanikberukuran lempung sampai bongkah. Dikenal sebagai lahar letusan dan lahar hujan. Lahar letusanterjadi apabila gunung berapi yang memiliki danau kawah meletus, sehingga air danau yang panasbercampur dengan material letusan, sedangkan lahar hujan terjadi karena percampuran materialletusan dengan air hujan di sekitar puncaknya. Awan panas bisa berupa awan panas aliran, awan panas hembusan dan awan panas jatuhan. Awan panas aliran adalah awan dari material letusan besar yang panas, mengalir Turun danakhirnya mengendap di dalam dan disekitar sungai dari lembah. Awan panas hembusan adalahawan dari material letusan kecil yang panas, dihembuskan angin dengan kecepatan mencapai 90km/jam. Awan panas jatuhan adalah awan dari material letusan panas besar dan kecil yangdilontarkan ke atas oleh kekuatan letusan yang besar. Material berukuran besar akan jatuh disekitar puncak sedangkan yang halus akan jatuh mencapai puluhan, ratusan bahkan ribuan kmdari puncak karena pengaruh hembusan angin. Awan panas bisa mengakibatkan luka bakar padabagian tubuh yang terbuka seperti kepala, lengan, leher atau kaki dan juga menyebabkan sesaksampai tidak bernafas. Abu letusan gunung berapi adalah material yang sangat halus. Karena hembusan angindampaknya bisa dirasakan ratusan kilometer jauhnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...