Rabu, 12 Juni 2013

Penyebab Pencemaran Tanah

Pencemaran dan polusi semakin hari semakin menggerogoti bumi tercinta termasuk pencemaran tanah yang semakin mengkhawatirkan. Gejala dan dampak pencemaran tanah secara mudah dapat diketahui dari berubahnya fungsi tanah yang tidak digunakan untuk keperluan fisik manusia terutama bercocok tanam. Tanah tersebut sudah tidak bisa digunakan untuk bertani, kalaupun bisa, hasilnya tidak optimal.
penyebab pencemaran tanah
Faktor yang dominan yang mengakibatkan terjadinya pencemaran tanah dewasa ini antara lain adanya sampah sintetir yang sulit untuk diuraikan oleh mikroorganisme, seperti plastik, kaleng, kaca, sehingga menyebabkan oksigen tidak bisa meresap ke tanah. Selain itu adanya penggunaan pestisida kimia yang meresap kedalam tanah dan mencemari air tanah, flora, dan fauna tanah.
Penyebab pencemaran tanah lainnya adalah limbah pertanian berupa pupuk kimia yang berfungsi untuk menyuburkan tanah/tanaman, misalnya pupuk urea, tapi karena tidak semua pupuk tersebut diserap oleh tanaman maka sisanya akan mencemari air tanah.

Penyebab Pencemaran Tanah di Indonesia

Menurut sumbernya, penyebab pencemaran tanah dibagi menjadi 3 golongan yaitu, limbah domestik, limbah industri dan limbah pertanian.
1. Limbah domestik
Limbah jenis ini berasal dari pemukiman penduduk; perdagang-an/pasar/tempat usaha hotel dan lain-lain. Kebanyakan limbah domestik merupakan sampah basah atau organik yang mudah diurai.
2. Limbah industri
Yaitu limbah padat hasil buangan industri berupa padatan, lumpur, bubur yang berasal dari proses pengolahan. Misalnya sisa pengolahan pabrik gula, pulp, kertas, rayon, plywood, pengawetan buah, ikan daging dll.
3. Limbah pertanian

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...