Selasa, 16 Juli 2013

Topografi Dasar Laut

Pengertian Topografi Dasar Laut
 
Hingga saat ini kondisi permukaan bumi selalu mengalami perubahan-perubahan yang disebabkan karena berbagai faktor baik itu tenaga endogen maupun eksogen. Kedua faktor tersebut akan sangat mempengaruhi adanya bentukan rupa bumi yang baru terutama wilayah laut. Bentuk relief dasar laut yang ada sangatlah beragam dan jauh lebih banyak dibandingkan daratan.
Topografi dasar laut adalah bentukan rupabumi di wilayah atau dasar laut yang terbentuk oleh berbagai faktor baik itu endogen maupun eksogen. Kedua faktor tersebut akan sangat mempengaruhi adamnya bentuk relief dasar laut yang sangat beragam dan jauh lebih banyak dibanding daratan.
Apabila di darat terdapat sungai, maka proses yang terjadi di laut pun tidak jauh berbeda seperti mengikis dan mengauskan permukaan bumi dengan aliran dan kekuatan gelombang. Gelombang mengangkut bahan kikisan, mengendapkan muatannya di dasar laut yang membentuk strata sedimen. Sehingga dari sedimentasi tersebut membentuk morfologi bawah laut, tidak hanya itu aktifitas kerak bumi yang merupakan lempeng tektonik yang bergerak relatif juga  menyebabkan terbentuknya ciri-ciri khusus dasar laut di mana bentuknya dapat menjadi beragam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...