Minggu, 07 Juli 2013

Definisi Sungai

Sungai adalah saluran air yang sempit dan panjang di permukaan bumi. Air sungai mengalir dan memotong permukaan bumi karena gaya gravitasi. Banyak sungai mengalir ke danau, laut, dan samudera. Berdasarkan sumber airnya, sungai dibedakan menjadi sungai hujan, salju, dan campuran. Berdasarkan aliran airnya, sungai dibedakan menjadi sungai permanen, periodik, dan episodik. Berdasarkan arah alirannya, sungai dibedakan menjadi sungai konsekuen, subsekuen, obsekuen, dan resekuen.
Danau adalah badan air yang luas dan dikelilingi seluruhnya oleh daratan. Air danau umumnya air tawar. Berdasarkan pembentukannya, danau dapat dibedakan menjadi danau tektonik, vulkanik, tektovulkanik, karst (dolina), glasial, lembah, dan buatan.
Rawa adalah daratan yang selalu basah atau tergenang air. Daerah rawa memiliki permukaan tanah lebih rendah dari permukaan air tanah dan sistem pembuangan yang kurang baik. Rawa banyak terdapat di sepanjang pantai kalimantan selatan, pantai timur sumatera, serta pantai selatan dan barat papua.
Air tanah adalah air yang berada di bawah permukaan tanah di lapisan batuan kulit bumi. Air tanah berasal dari air hujan yang meresap ke dalam tanah hingga mencapai lapisan batuan kedap air. Air tanah dibedakan menjadi dua, yaitu air tanah bebas (dangkal) dan tertekan (dalam).
Laut adalah perairan luas di muka bumi yang menghubungkan dua pulau atau benua. Laut lebih sempit dari samudra. Berdasarkan letaknya, laut dibedakan menjadi laut tepi, tengah, pedalaman, selat, dan teluk. Berdasarkan kedalamannya, laut dibedakan menjadi zona litoral, neritik, batial, dan abisal. Bentuk relief di dasar laut, yaitu landas benua, lereng benua, palung, gunung laut, lubuk laut, atol, dan laguna.

sumber :  http://matakristal.com/definisi-sungai-danau-rawa-air-tanah-dan-laut/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...