Minggu, 07 Juli 2013

Sungai Musi

Sungai Musi ini panjangnya  460 Km membelah Provinsi Sumatera Selatan dari Timur ke Barat yang bercabang-cabang dengan delapan anak sungai besar yaitu : Sungai Komering, Ogan, Lematang, Kelingi, Lakitan, Semangus Rawas dan Batang hari Leko. Karena itu di Sumatera Selatan dikenal dengan julukan Batang Hari Sembilan.


Mengapa dinamai Sungai Musi dan Kapan nama tersebut mulai dipakai, tidak ada yang tahu pasti. Nama Musi ini terdapat di India, terjadinya hubungan Kerajaan Sriwijaya dengan kerajaan India atau nama tersebut diambil dari salah satu bahasa daerah Kayuagung Musi berarti Ikut apakah Musi berarti aliran, masih perlu dikaji kembali.

Pada saat menelusuri Sungai Musi ini dapat dilihat pemukiman penduduk seperti Rumah Rakit, PT. Pusri, Pertamina, Daerah Bagus Kuning, Mesjid Lawang Kidul, Mesjid Ki Merogan, Benteng Kuto Besak dan kegiatan masyarakat disepanjang sungai tersebut.

Di perairan Sungai Musi ini pada setiap hari jadi Kota Palembang dan Hari Ulang tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia diadakan lomba Perahu Bidar dan Perahu Motor Hias. Masyarakat yang menyaksikan periwisata ini tidak hanya masyarakat Palembang tetapi juga masyarakat dari dari luar Kota palembang bahkan wisatawan mancanegara.

Untuk menikmati keindahan Sungai Musi dapat menggunakan Getek, speed Boat atau untuk rombongan dengan jumlah besar dapat menggunakan Kapal Wisata  Si Gentar Alam dengan kapasitas  200 orang.

sumber :  http://www.sumselprov.go.id/index.php?module=content&id=6

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...